PERATURAN DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

PERATURAN DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Peraturan Dasar Permainan Sepakbola sangat diperlukan bagi siapa saja yang ingin menerjuni dunia olahraga sepakbola. Peraturan ini tepat untuk calon pemain, pelatih, official, maupun perangkat pertandingan.

Sobat, buat kalian yang ingin menekuni dunia olahraga Sepakbola, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu peraturan dasar sepakbola.

Inilah Peraturan Dasar Permainan  Sepakbola sesuai Federasi Sepakbola Dunia FIFA.

A. LAPANGAN SEPAKBOLA.
Lapangan berbentuk persegi panjang,
– Panjang ± 91.8 – 120 m
– Lebar : 46.7 – 91.8m.

Sedangkan pertandingan Internasional biasanya menggunakan;
– Panjang : 100 – 110 m
– Lebar : 64 – 73.44 m.

Menggunakan garis yang tebalnya 12 cm (garis batas lapangan permainan ) dengan tinggi tiang bendera 150 Cm, yang diletakkan di empat sudut lapangan.

Gawang : Panjang gawang 7,34 m dan Tinggi 2,44 m, serta ditancapkan yang kuat demi keamanan pemain.

Setiap Asosiasi  Sepakbola harus menyiapkan perlengkapan yang telah di sepakati. Asosiasi dapat menentukan ukuran garis lapangan sendiri, selama masih dalam batas kewajaran dan sesuai dengan Federasi Sepakbola Internasional.

B. BOLA (The Ball)
1. Bola harus bulat dan harus terbuat dari bahan yang telah di sepakati .

2. keliling bola tidak lebih dari 71 cm dan kurang 68 cm. Berat bola 410-450 gram.

– Tekanan udara 0.6 – 1.1 atsmosfer.
– Pergantian bola atas ijin dari wasit.

 

C. ATURAN PEMAKAIAN BOLA
Bola adalah hal utama dalam dunia sepak bola, dalam ketentuan resmi ukuran keliling bola tak lebih dari 70 cm, serta tak kurang dari 68 cm.
Ada 5 type bola dengan karakteristiknya, yakni :

a. Bola ukuran 5 :
Umumnya dipakai oleh pemain-pemain sepak bola yang berumur 12 th atau diatasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm serta berat 14-16 oz (410-450 gr).

b. Bola ukuran 4 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur 8 – 12 th. dengan lingkaran bola 64-66 cm, serta berat 12-13 oz (340-468 gr)

c. Bola ukuran 3 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur di bawah 8 th, dengan ukuran lingkaran bola 58-61 cm dengan berat 11-12 oz (312-340 gr).

d. Bola ukuran 2 : dipakai untuk kompetisi promosi
e. Bula ukuran 1 : dipakai untuk kompetisi promosi.

D. JUMLAH PEMAIN (Number Of Player)
a. pertandingan diikuti oleh dua tim dengan jumlah pemain masing masing tim 11 orang termasuk kiper.

b. pergantian pemain (pemain cadangan) maksimal 3 orang untuk pertandingan resmi (FIFA). Untuk kompetisi dan turnamen  ada peraturan tersendiri, biasanya 3 sampai 7  pemain cadangan. Nama pemain cadangan harus di beritahukan terlebih dahulu dengan wasit.

E. WASIT (Refere’s ) dan HAKIM GARIS.
1. Seorang wasit akan ditunjuk dalam setiap pertandingan dengan kriteria tertentu.

2. Kewenangan dan penggunaan kekuasaan diberikan kepada Wasit sesuai peraturan dari badan pertandingan setelah wasit masuk ke lapangan.

3. Kekuasaan wasit berlaku sepanjang permainan dan keputusannya tidak boleh di ganggu gugat.

4. Tidak membiarkan pelatih, assisten pelatih, maupun pemain cadangan,  masuk ke dalam lapangan.

5. Dua assisten wasit harus dioptimalkan tugasnya untuk membantu kinerja wasit,  misalnya ketika bola keluar/out, tendangan bebas, tendangan sudut, Offside, kelakuan pemain dll.

F. PERLENGKAPAN PEMAIN
1. Perlengkapan yang seharusnya dipakai oleh setiap pemain meliputi : baju/kostum/jersey , celana pendek, sepatu bola, pelindung tulang kering yang harus ditutupi oleh kaos kaki.  Penjaga gawang boleh menggunakan kostum yang berbeda.

2. pemain tidak boleh mengggunakan sesuatu yang membahayakan seperti Cincin,akik, kalung, gelang, dll.

G. KETENTUAN PEMAKAIAN  ATRIBUT/AKSESORIS.
Dalam satu kompetisi sepak bola, tak jarang kita melihat beberapa pemain memakai Atribut/aksesoris. Atribut yang dipakai oleh pemain salah satunya :

1. Jersey :
Jersey adalah baju yang di buat dari bahan sintetik yang dapat menyerap keringat pemain, perihal ini pula yang membedakan jersey dengan kaos umum.

Tiap-tiap tim mesti memiliki jati diri timnya sendiri, perihal ini pula yang bikin satu klub sepak bola mempunyai lebih dari satu jersey dalam satu musim. Hal semacam ini untuk menghindar pemakaian jersey yang sama juga dengan tim lain.

Ada ketentuan lain tentang pemakaian warna antar kedua  tim yg tidak bisa sama, ini untuk mempermudah beberapa pemain  membedakan mana rekan dan mana lawan.

2. Kaus kaki :
Kaus kaki  merupakan atribut/aksesoris yang umum dipakai pemain. Fungsi utamanya untuk menghindari cedera, serta meletakkan Shinguards atau  pelindung tulang kering. Dalam kompetisi sepak bola resmi, warna kaus kaki dalam satu tim mesti sama.

3. Sarung tangan :
Pemain yang diizinkan untuk memakai sarung tangan hanya kiper/penjaga gawang, tetapi ada pengecualian saat permainan sepak bola dikerjakan di tempat yang dingin/bersalju.

Sarung tangan/glove dikembangkan sedemikian rupa supaya mempermudah serta membuat perlindungan tangan dari hantaman bola yang demikian keras.

4. Tutup Kepala :
Aksesori ini bisa dipakai untuk yang tengah mengalami cedera/pernah cedera pada kepala. Misalnya Peter Cech.

5. Aksesori yg tidak bisa digunakan :
Dalam satu permainan sepak bola, terdapat banyak aksesori yg dilarang dipakai, antara lain : Anting, gelang, kalung, cincin, dll.

Baca : GOALKEEPER (KIPER) ATAU PENJAGA GAWANG DI PERMAINAN SEPAKBOLA

H. LAMANYA PERMAINAN (Duration of the Game)
Permainan/pertandingan sepakbola berlangsung selama 2 babak dengan masing- masing babak 45 menit dengan waktu istirahat tak kurang dari 15 menit , kecuali :
– kelonggaran waktu yang terjadi karena adanya pergantian pemain yang cedera.

– Lamanya waktu yang di berikan di tentukan oleh keputusan wasit.

Permainan Sepakbola dimulai dengan tendangan kick off dengan undian terlebih dahulu. Kick off dilakukan juga pada saat setelah terjadinya sebuah Gol.

I. BOLA DI DALAM DAN DI LUAR  LAPANGAN (Ball in and out of play).
a. Bola di katakan di luar permainan apabila: ketika bola seluruhnya telah keluar dari garis lapangan, dan wasit telah menghentikan permainan untuk sementara.

b. Off Side adalah seseorang pemain jika lebih dekat dengan ke garis gawang lawan dari pada laju bola, kecuali:
– pemain berada di daerah lapangan permainannya sendiri.
– sekurang kurangnya ada 2 pemain yang berada di belakangnya.

J. PELANGGARAN
Seseorang yang melakukan tindakan tidak terpuji, akan di anggap wasit sebagai suatu pelanggaran. Beberapa pelanggaran itu antara lain;
– menendang lawan dengan di sengaja,
– meludahi lawan,
– menahan bola dengan tangan ,
– menjatuhkan lawan, saat merebut yang menjadi obyek bukan bola akan tetapi kaki lawan, dll

K. MACAM-MACAM TENDANGAN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA.
1. Tendangan Bebas (Free Kick)
Tendangan bebas dapat di artikan menjadi dua macam yaitu : Tendangan Langsung dan Tendangan Tak Langsung.

Bola dapat di mainkan terlebih dahulu bila di luar garis penalty. Jarak pemain bertahan dengan bola ± 9,15 m dari bola. Bola dalam keadaaan diam dan tidak menggelinding.

2. Tendangan Hukuman (Pinalty)
Tendangan ini di lakukan jika ada suatu pelanggaran di dalam kotak penalti. Bola harus diletakkan tepat di titik penalty. Penjaga gawang (Kiper) harus berada di bawah mistar gawang dan tidak boleh bergerak, kecuali setelah bola ditendang.

3. Tendangan Gawang (Goal kick)
Tendangan ini dilakukan, apabila bola yang ditendang tim lawan telah melewati garis gawang.  Untuk memulai permainan lagi, bola diletakkan dulu di area kotak pinalti, baru kemudian ditendang oleh kiper atau pemain satu tim.

Jika bola yang diletakkan di area pinalti tadi ditendang oleh tim lawan, maka gol yang terjadi tidak sah.

4. Tendangan sudut (Corner Kick)
Tendangan ini dilakukan ketika bola melewati garis gawang , baik melayang maupun menggulir di tanah, dimana bola terakhir disentuh oleh pemain yang bertahan. Untuk melakukan tendangan sudut, bola diletakkan di sisi sudut area permainan lawan.  Saat dilakukan tendangan sudut atau corner kick, bola tidak dalam keadaan bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *