Timnas U-16 antisipasi Laga Perdana Piala AFF U-15

Timnas U-16 antisipasi Laga Perdana Piala AFF U-15

Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini mulai mengantisipasi laga perdana lawan Myanmar di ajang Piala AFF U-15, yang berlangsung di Thailand 9-22 Juli 2017.

Fakhri mengatakan bahwa Myanmar yang juga tampil sebagai lawan mereka di Tien Phong Plastic Cup 2017, diperkirakan akan menyulitkan , itu dilihat dari performa Myanmar yang tampil kemarin.

“Myanmar tim yang bagus, solid, Vietnam saja dalam tekanan saat melawan mereka. Kami juga susah payah melawan mereka saat itu. Saya tidak tahu sejauh mana nanti perubahan mereka di AFF nanti,” katanya Fakhri Husaini seperti dilansir PSSI.org.

“Laga pertama di Thailand nanti melawan Myanmar itu sangat penting untuk menentukan langkah kami kedepannya di turnamen tersebut. Di setiap laga pun kami akan berusaha untuk meraih poin,” lanjut dia.

Mengenai pemainnya, terutama posisi striker, Fakhri mengatakan bahwa dirinya punya banyak striker, dan setiap kali pertandingan kemarin juga dia merotasi banyak pemainnya.

“Saya punya banyak striker, jadi tidak benar tim ini bergantung pada satu striker saja. Dalam melatih, filosofi saya dimanapun saya melatih itu tidak pernah menggantungkan nasib tim kepada satu orang,” tegasnya.

Bagaimana dengan menjaga tim ini agar tetap seperti kemarin kualitasnya atau bahkan lebih baik lagi kedepannya juga, pelatih yang gemar menggunakan topi itu mengatakan, “Kami harus menjaga kebugaran para pemain, kekompakan tim juga, termasuk juga membatasi mereka untuk wawancara-wawancara yang berlebihan. Ekspos yang berlebihan itu berbahaya buat anak-anak ini. Ini mohon dimengerti kepada teman-teman media kalau saya membatasi hal ini,” jelasnya.

“Karena tugas saya bukan hanya melatih tetapi menjaga mereka. Mereka aset bangsa ini. Kita bisa melihat beberapa banyak pemain-pemain muda kita, yang hanya lebih hebat di koran dibandingkan di lapangan, akhirnya sampai umur 20 tahun sudah selesai main bolanya. Saya tidak akan pernah mengizinkan itu terjadi di tim saya ini, selama saya yang menjadi pelatih di tim ini,” tutupnya.

Di Piala AFF U-15 , Timnas U-16 tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Usai mengikuti Piala AFF, pasukan timnas U-16 yang berjuluk ‘Garuda Asia’ ini, akan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-16, yang berlangsung 16-24 September 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *