PSS Sleman Butuh Dua Kemenangan Demi 8 Besar Liga 2

PSS Sleman Butuh Dua Kemenangan Demi 8 Besar Liga 2

Sial benar  nasib PSS Sleman.  Tangguh selama Babak penyisihan  Liga 2/2017, dan menjadi tim pertama yang  lolos ke Babak 16 Besar , saat ini PSS Sleman justru menuju fase anti klimaks di partai-partai krusial babak 16 Besar Liga 2 Grup A. Itulah sebabnya agar asa tetap terjaga menuju babak 8 Besar Liga 2, PSS Sleman membutuhkan 2 kemenangan di laga sisa.

Fase antiklimaks, sebenarnya sudah  mulai terasa, tatkala PSS Sleman menjalani laga perdana 16 Besar Liga 2 lawan Cilegon United di Stadion Maguwoharjo Sleman. Sudah unggul 2-0, PSS Sleman kemasukan gol di menit-menit akhir babak kedua. Skor berubah menjadi 2-1.

Meski menang, kecolongan gol di menit akhir menjadi sebuah penanda, bahwa PSS Sleman sudah kehabisan tenaga dan menuju fase antiklimaks. Fakta berikutnya bisa jadi mendukung fakta pertama. Laga kedua lawan Persis Solo di Stadion Manahan. Sudah terbayang PSS Sleman akan bermain dengan skor 0-0. Prediksi itu salah, lima menit terakhir. Persis Solo mampu membaca keletihan PSS Sleman, dan  berhasil menceploskan sebiji gol ke gawang PSS. Buyar sudah mimpi mencuri satu poin dari Persis Solo.

Selanjutnya lawan PSPS Pekanbaru Riau. Sekitar seribu suporter fanatik PSS Sleman (Brigata Curva Sud  dan Slemania) susah payah terbang ke Riau untuk mendukug Super Elja. Mereka sudah gembira, karena PSS Sleman sempat unggul 1-0 atas tuan rumah PSPS hingga menjelang berakhirnya  pertandingan. Kenyataan berbicara lain, tuan rumah memupus kemenangan PSS Sleman, karena berhasil mencetak gol di injury time. Duh, sakitnya !

Dan inilah fakta yang paling menyakitnya. Tuan rumah PSS Sleman dikalahkan PSPS Pekanbaru dengan skor 2-3. PSS Sleman sebenarnya  sudah unggul 2-0, tapi PSPS Pekanbaru mampu membalikkan keadaan dan memasukan 3 gol ke gawang Syahrul Trisna. Dengan demikian , selama Liga 2 / 2017, baru ada dua klub yang mampu mengalahkan PSS Sleman di San Siro Mini Stadion Maguwoharjo,  yaitu PSCS Cilacap dan terakhir PSPS Pekanbaru.

Kekalahan perdana Liga 2 PSS Sleman lawan Cilacap, mampu dibenahi pelatih Freddy Muli. Hingga kemenangan demi kemenangan  banyak digapai PSS Sleman. Bagaimana dengan Kekalahan setelah lawan PSPS Pekanbaru ? apakah Fredd Muli mampu membenahi mental bertanding para pemainnya? Mengingat pertandingan Grup A-Babak 16 Liga 2 tinggal dua pertandingan lagi.

Baca : Persibat Batang, PSS Sleman, dan Istighotsah.

Untuk Lolos 8 Besar, PSS Sleman Butuh 2 kemenangan.

Tidak bisa ditawar lagi , untuk bisa lolos ke babak 8 Besar Liga 2, PSS Sleman butuh  2 kemenangan.  Jika hanya sekali menang dan sekali seri, PSS Sleman bisa tersingkir  dengan  kriteria head to head. Persis Solo dan PSPS Pekanbaru yang sudah pernah mengalahkan PSS Sleman. Faktor  Head to head juga dihitung untuk menentukan sebuah tim lolos ke babak berikutnya.

Jadi intinya, dua sisa laga yang dijalani PSS Sleman, semua harus dimenangkan.

Berikut jadwal dua laga sisa :

  • JUMAT, 6/10/2017
  • Persis Solo vs PSPS Pekanbaru
  • Cilegon United vs PSS Sleman
  • SELASA, 10/10/2017
  • PSS Sleman vs Persis Solo
  • PSPS Pekanbaru vs Cilegon United

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A, hingga 2 Oktober 2017
1. Persis Solo.              4    2    1.   1.   4-3    7
2. Cilegon United.       4    2.   0.   2.   4-4    6
3. PSPS  Pekanbaru.  4.   1.   2.   1.   5-5.   5
4. PSS Sleman.            4.   1.   1.   2.   5-6.   4

Pada dua laga sisa, setiap tim memiliki satu kali  main kandang dan satu kali main tandang. Ini adalah partai paling krusial. Jika  pada dua kali laga sisa, setiap tim menang di kandang dan kalah di tandang, posisi PSS Sleman tetap diurutan paling bawah, dan otomatis tidak bisa maju ke babak 8 Besar Liga 2.

Jadi intinya, PSS Sleman harus menang lawan Cilegon  United di kandang Cilegon, dan menang lawan Persis Solo di Stadion Maguwoharjo.

Bangkitkan semangat menang di Tandang.

Pada babak Penyisihan Liga 2, koleksi poin PSS Sleman di laga tandang sungguh apik. Dari 7 kali bermain di laga away alias tandang, PSS Sleman menang 5 kali, seri 1 kali, dan kalah 1 kali.

Berikut Data PSS Sleman di 7 laga tandang Babak Penyisihan Grup 3 Liga 2/2017 :

  • PSGC vs PSS Sleman : 2-3
  • Persip Pekalongan vs PSS : 0-2
  • Persibas Banyunmas vs PSS : 0-3
  • Persijap Jepara vs PSS : 0-1
  • Persibangga vs PSS : 0-2
  • Persibat Batang vs PSS : 0-0
  • PSCS Cilacap vs PSS : 2-0.

Dari sekilas data tersebut, ketangguhan PSS Sleman di laga away patut diacungi jempol. Menang di laga away sebanyak 5 kali. Semangat ini yang harus dimunculkan kembali  untuk memenangi laga krusial lawan Cilegon United, pada tanggal 6 Oktober 2017. Tidak ada istilah  bermain imbang.

Jika poin sempurna sudah didapat, tinggal memaksimalkan laga pamungkas di stadion Maguwoharjo lawan  tetangga, Persis Solo. Untuk memaksimalkan  dua laga sisa, tentu saja ‘PR’ berat bagi Coach Freddy Muli, untuk membenahi mental dan semangat bertanding. Selama ini barisan pertahanan sering menjadi bulan-bulanan pemain lawan. Terlambat turun jika diserang, garis pertahanan terlalu tinggi, dan komunikasi yang kurang, menjadi catatan yang segera harus dibenahi. Itu jika PSS Sleman ingin menuju Babak 8 Besar Liga 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *