12 Stadion Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia

12 Stadion Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia

12 Stadion Piala Dunia 2018 sudah disiapkan Rusia selaku pihak penyelenggara. 12 stadion itu tersebar di beberapa kota di Rusia, yaitu di kota Moskwa, Saint-Petersburg, Kaliningrad, Kazan, Samara, Nizhny, Volgograd, Saransk, Rostov Na Donu, Sochi, dan kota Yekaterinburg.

Selain merenovasi stadion yang sudah ada, Rusia juga membangun beberapa stadion baru. Minimal ada 12 Stadion yang disiapkan untuk event akbar Piala Dunia 2018.

12 Stadion Untuk Piala Dunia 2018 Rusia adalah sbb ;
1. Stadion Luzhniki (Kota Moskwa)
2. Stadion Otkrytiye Arena (Moskwa)
3. Stadion Krestovsky (Saint-Petersburg)
4. Stadion Kaliningrad (Kaliningrad, stadion baru)
5. Stadion Kazan Arena (Kazan)
6. Stadion Cosmos Arena (Samara, stadion baru)
7. Stadion Nizhny Novgorod (Nizhny, stadion baru)
8. Stadion Volgograd Arena (Volgograd)
9. Stadion Mordovia Arena (Saransk, stadion baru)
10. Stadion Rostov Arena (Rostov Na Donu, stadion baru)
11. Stadion Olimpiade Fisht (Sochi)
12. Stadion Sentral (Yekaterinburg).

Baca Juga : Inilah 32 Negara Lolos Ke Piala Dunia 2018

Berikut sekilas data 12 Stadion Piala Dunia 2018 Rusia ;
1. Luzhniki Stadium (Kota Moscow)

Luzhniki Stadium

Stadion  Luzhniki merupakan stadion terbesar di Rusia. Daya tampung penonton mencapai 84.000 orang. Luzhniki Stadium mulai dibangun tahun 1954. Sebelum direnovasi, stadion ini mampu menampung 103.000 penonton, saat gelaran Olimpiade Musim Panas tahun 1980.

Stadion yang menjadi markas klub Spartak Moscow dan Torpedo Moscow ini, pernah digunakan untuk pertandingan Final Liga Champions tahun 2008. Karena arsitekturnya yang mewah, UEFA memberikan penilaian  bintang 5 untuk stadion ini.

2. Otkrytiye Arena (Moscow)

Otkritiye Arena

Stadion Otkritiye Arena merupakan  stadion serbaguna. Dibangun tahun 2010, dan mulai digunakan tahun 2014. Selain dipakai untuk  Klub Spartak Moskwa, stadion ini juga  dipakai Timnas Rusia kala menjamu tim-tim dari Negara lain.

Dengan kapasitas 45.000 penonton, Otkritiye Arena pernah dipakai  untuk Piala Konfederasi 2017 dan layak untuk gelaran Piala Dunia 2018.

3. Krestovsky Stadium (Saint-Petersburg)

Krevstovsky Stadium

Krestovsky Stadium merupakan sebuah stadion yang terletak di bagian barat Pulau Krevstovsky. Lokasinya ada di Saint Petersburg. Stadion ini menjadi kandang klub FC Zenit Saint Petersburg.

Bagi pendukung FC Zenit Petersburg, stadion ini biasa disebut Zenit Arena. Kapasitas Krevstovsky Stadium atau Zenit Arena, mampu menampung 68.000 penonton. Stadion ini pernah dipakai untuk  pertandingan besar, diantaranya Piala Konfederasi FIFA 2017.

4. Kaliningrad Stadium (Kaliningrad)

Kaliningrad Stadium

Stadion Kaliningrad merupakan stadion baru yang dibangun khusus menjelang Piala Dunia 2018. Lokasinya ada di Pulau Oktyabrsky, kota Kaliningrad, Rusia. Stadion ini dibangun untuk menggantikan Stadion Baltika. Dan FC Baltika Kaliningrad yang akan menggunakan stadion baru ini.

Stadion Kaliningrad dibangun dua tingkat, mampu menampung. 25.000 orang, dilengkapi dengan sistem keamanan ultra modern dan CCTV. Proyek ini didasarkan pada konsep Allianz Arena, yang menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2006 di Jerman.

5. Kazan Arena (Kazan)

Kazan Arena

Kazan Arena adalah sebuah stadion yang terletak di Kazan, Rusia. Pembangunan stadion ini rampung pada Juli 2013. Kazan Arena pernah digunakan untuk  event Universade Musim Panas 2013. Selain digunakan untuk gelaran Piala Dunia 2018, Kazan Arena juga dipakai untuk Piala Konfederasi 2017.

Kapasitas stadion ini sekitar 45.379. Stadion ini menggantikan Stadion Sentral Kazan sebagai stadion sepak bola utama di Kazan.

6. Cosmos Arena (Samara)

Cosmos Arena

Cosmos Arena adalah stadion baru yang dibangun Rusia  untuk Piala Dunia 2018. Stadion ini dibangun untuk menggantikan Stadion Metallurg. Usai Piala Dunia 2018, Cosmos Arena yang berkapasitas 45.000 tempat duduk ini, bakal digunakan FC Krylia Sovetov untuk menjamu lawan-lawannya di Liga Primer Rusia.

7. Nizhny Novgorod Stadium (Nizhny)

Nizhny Novgorod Stadium

Nizhny Novgorod Stadium adalah stadion baru berkapasitas 45.000 penonton. Setelah Piala
Dunia 2018 usai, stadion tersebut akan digunakan untuk pertandingan kandang FC Olimpiyets Nizhny Novgorod di Liga Sepak Bola Rusia.

8. Volgograd Arena (Volgograd)

Volgograd Arena

Volgograd Arena adalah sebuah stadion sepakbola yang berada di kota Volgograd Rusia. Stadion ini memiliki kapasitas penonton mencapai  45.000 orang. Di kompetisi Liga Primer Rusia, Volgograd Arena biasa digunakan klub FC Rotor Volgograd.

Volgograd Arena dibangun di kaki Kompleks peringatan Mamayev Kurgan, dekat Sungai Volga.

9. Mordovia Arena (Saransk)

Mordovia Arena

Mordovia Arena  di kota Saransk Rusia, juga merupakan stadion baru untuk gelaran Piala Dunia 2018. Kapasitasnya mencapai  45.000 penonton. Usai Piala Dunia 2018, FC Mordovia yang akan memanfaatkannya.

Stadion ini dirancang berbentuk oval. Ragam warnanya yang cerah, menggabungkan warna oranye, merah dan putih, menghormati palet warna khas seni dan kerajinan Mordovia.

10. Rostov Arena (Rostov Na Donu)

Rostov Arena

Rostov Arena adalah sebuah stadion sepakbola yang terletak di Rostov Na Donu, Rusia.  Stadion ini juga akan menjadi stadion untuk pertandingan kandang bagi FC Rostov, yang bermain di Liga Utama Rusia. Kapasitas penonton mencapai 42.000 orang.

Bentuk yang tidak teratur pada bagian atap dan tribun, menjadi fitur khas pada stadion ini.

Menurut arsitek Rostov Arena, stadion ini dibangun untuk pengembangan dan perluasan kota Rostov.

11. Fisht Olympic Stadium (Sochi)

Fisht Olimpic Stadium

Fisht Olympic Stadium adalah sebuah stadion terbuka di Sochi, Rusia. Sebuah nama stadion yang terinspirasi dari nama gunung Fisht.

Stadion yang berkapasitas 40.000 tempat duduk ini, dulunya dibangun untuk Olimpiade Musim Dingin 2014 dan Paralimpiade Musim Dingin 2014.

Fisht Olympic Stadium  dirancang oleh Populous dan Buro Happold, seorang desainer konsultasi dari Inggris. Dinding stadion dan atap terbuat dari kaca, yang dirancang untuk memantulkan sinar matahari dari laut di siang hari .

Desain bentuk Mangkuk terbuka ke utara , memungkinkan untuk melihat langsung Pegunungan Krasnaya Polyana. Sedangkan dek atas terbuka menghadap ke selatan , memungkinkan untuk pemandangan Laut Hitam.

12. Central Stadium (Yekaterinburg)

Central Stadium

Central Stadium adalah sebuah stadion serba guna yang terletak di kota Yekaterinburg, Rusia.

Stadion Sentral dibangun pada tahun 1957. Stadion ini sering digunakan beberapa ajang olahraga dan hiburan.

Untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2018, stadion ini memiliki kapasitas 35.696 penonton dengan 12.000 tempat duduk sementara.

Setelah Piala Dunia berakhir, 12.000 tempat duduk ini akan dihilangkan, sehingga menurunkan kapasitas menjadi 23.000 penonton.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *