Rahasia Sukses Tendangan Bebas

Rahasia Sukses Tendangan Bebas

Rahasia sukses Tendangan Bebas  pada dasarnya dimiliki setiap pemain sepakbola terutama memiliki kemahiran dalam melakukan Tendangan Bebas atau Free Kick.

Rahasia tendangan bebas yang baik antara Cristiano Ronaldo dengan David Beckham tentu berbeda. Tendangan bebas Roberto Carlos dengan Ronaldinho juga berbeda. Tendangan bebas  yang dilakukan Evan Dimas  akan lain dengan  Febri Haryadi atau Septian David Maulana.

Lha terus perbedaannya dimana ? Toh semua bola tendangan bebas juga asal ditendang.

Bola Free Kick yang ditendang dengan menggunakan kaki bagian luar atau dalam,  hanyalah sebuah teori saja. Selebihnya diperlukan latihan berkali-kali untuk mendapatkan intuisi dan  style, untuk mendapatkan tendangan bebas yang pas dan sempurna.

Apa itu Tendangan Bebas atau Free Kick ?

Tendangan Bebas (Free Kick) adalah sebuah tendangan yang dilakukan  salah satu tim, karena tim lawan melakukan pelanggaran.

Jika jarak tendangan bebas cukup jauh dengan gawang yang dituju, biasanya pemain yang akan melakukan tendangan bebas, mengarahkan bola lebih dulu kepada teman satu tim.

Jika titik pelanggaran tendangan bebas dengan dengan gawang lawan cukup dekat, biasanya tendangan bebas langsung ditendang dan diarahkan ke gawang lawan, dengan harapan tercipta sebuah gol.

Sebuah gol bisa dicetak dari tendangan bebas oleh tim penyerang,  tanpa bola terlebih dahulu menyentuh pemain lain. Ini bertentangan dengan Tendangan Bebas Tidak Langsung, dimana pemain harus mengoper pada rekan satu tim, sebelum mencetak gol.

Menurut The Laws of the Game, tendangan bebas diberikan saat pemain melakukan pelanggaran di luar area kotak penalti. Namun, jika pelanggaran itu dilakukan oleh tim bertahan di area penalti, tendangannya menjadi tendangan penalti.

Baca : Mengenal Sepak Pojok alias Corner Kick

Prosedur .

Tendangan Bebas diambil dari tempat terjadinya pelanggaran, Bola harus dalam keadaan tak bergerak (stasioner)  sebelum ditendang, dan lawan harus tetap  berjarak 10 yard (9,15 m) dari bola yang akan ditendang.

Untuk menjaga ritme permainan, sebuah tendangan bebas kadang-kadang langsung dilakukan tanpa menunggu pemain lawan membuat jarak  10 Yard (9,15 m).

Jika Tendangan Bebas berada dalam jarak dekat dengan gawang lawan, wasit akan mengatur jarak dengan menyemprotkan cairan untuk membuat garis jarak. Semprotan ini  sudah sering digunakan diberbagai event sepakbola.

Untuk menghindari terjadinya gol,  pemain lawan bisa melakukan  pertahanan dengan membentuk pagar betis. Pagar betis ini dimaksudkan agar bola yang ditendang dari pemain tim penyerang, dapat membentur kaki, badan, atau kepala,  dan tidak terjadi gol.

Sebuah gol bisa dicetak  dari tendangan bebas.  Jika tidak gol dan bola keluar lapangan lewat garis gawang, dan bola mengenai pemain bertahan terlebih dulu, maka  tendangan sudut atau sepak pojok  diberikan kepada tim yang sedang melakukan penyerangan.

Seorang pemain dapat terkena jebakan off-side, dari sebuah  tendangan bebas langsung. Off-side  yang demikian bisa terjadi, jika pemain dari tim penyerang berada terlalu ke depan mendekati gawang, daripada pemain terakhir dari tim bertahan.

Rahasia Sukses Tendangan Bebas.

Sebenarnya  terdapat beberapa teknik tendangan bebas yang bisa diterapkan. Pemain sekaliber David Beckham atau Cristiano Ronaldo sudah pasti memiliki  ciri khas dalam melakukan Tendangan Bebas atau Free Kick.

Mungkin anda  menebak, bahwa rahasia melakukan tendangan bebas yang sukses adalah dengan kaki bagian dalam, atau kaki bagian luar, atau dengan cara dicungkil, atau ditendang sekeras-kerasnya.

Semua itu ada benarnya. Tapi yang lebih tepat adalah melakukan latihan tendangan bebas secara khusus, dan melakukan ratusan kali bahkan ribuan kali. Itu yang dilakukan pesepakbola Inggris David Beckham, hingga ia selalu menjadi eksekutor bola mati.

“Saya sudah melakukan latihan tendangan bebas  puluhan ribu, mungkin ratusan ribu. Saya akan pergi ke taman setempat, meletakkan bola di tanah dan menendang bola yang saya arahkan  ke jendela pondok ” demikian pernah diungkapkan David Beckham pada  Mirror di tahun 2008.

“Aku akan terus bermain  dan mengasah intuisi saya saat aku sampai di rumah. Saya tidak diijinkan sepak bola di rumah, jadi saya akan berlatih dengan menendang Care Bears di kamar tidur saudara perempuan saya. Ibuku pikir itu lucu tapi menunjukkan betapa aku mencintai sepak bola.” kata Beckham lagi.

Rahasia Tendangan Bebas  Cristiano Ronaldo.

Ternyata tidak semua rahasia sukses tendangan bebas diumbar oleh pesepakbola handal seperti Cristiano Ronaldo.

“Rahasianya?  Saya tidak akan mengungkapkannya, karena saya akan memberikan kartu truf kepada lawan-lawan saya” begitulah kalimat yang pernah diungkapkan Cristiano Ronaldo kepada Mirror 1 Februari 2008.

Hanya sekilas rahasia yang diungkap oleh Ronaldo.

“Saya hanya bisa menyatakan, bahwa keberhasilan atau kegagalan pada saat mengambil tendangan bebas, sangat berhubungan dengan posisi tubuh, cara seseorang berlari menuju bola, dan bagaimana posisi satu kaki. Pada saat itu, saya pikir hanya tentang sisi mana jaring yang akan saya tuju”kata Cristiano Ronaldo.

“Saya melihat bola, saya melihat jaring gawang,  dan saya katakan pada diri sendiri ‘ambil tendangan, Ronaldo’, lalu saya tembak. Terkadang berakhir dengan baik, terkadang tidak begitu baik”.

Menurut Cristiano Ronaldo, keberhasilan sebuah tendangan bebas, juga tergantung di posisi mana pelanggaran itu dilakukan, dan siapa pemain yang akan melakukan tendangan bebas.

Rahasia sukses Cristiano Ronaldo dalam melakukan tendangan bebas, ternyata ia menambah jam latihan tersendiri.

“Cristiano Ronaldo selalu di luar sana pada akhir latihan, melakukan latihan tendangan bebas setelah sesi latihan selesai.” kata Sir Alex Ferguson ketika masih melatih Cristiano Ronaldo di Manchester United.

Pelanggaran dan Sanksi.

Sebuah Tendangan Bebas dapat diulangi lagi, jika pemain bertahan melakukan pelanggaran. Pelanggaran yang dilakukan,  biasanya tim bertahan  melakukan penjagaan pagar betis yang terlalu dekat. Penjagaan yang dilakukan dari bola yang akan ditendang, minimal 10 yard (9,15 m).

 

Strategi.

Sebuah tim sepakbola umumnya memiliki pemain yang jagoan melakukan Tendangan Bebas. Ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri dari sebuah tim, yang memiliki satu atau dua orang pemain yang mahir melakukan Tendangan Bebas.

Ketika Manchester United masih diperkuat David Beckham, Manchester United mendapatkan banyak kemenangan hasil dari Tendangan Bebas yang dilakukan David Beckham.

Demikian juga di Real Madrid, pelatih Madrid Zinedine Zidane banyak bergantung pada Cristiano Ronaldo untuk melakukan Tendangan Bebas.

Sebuah gol Cristiano Ronaldo yang bersarang ke gawang Gremio, dan membawa Real Madrid merebut Juara Piala Dunia Antar Klub 2017, juga hasil dari sebuah tendangan bebas.

Keuntungan tim yang memiliki pemain mahir dalam Tendangan Bebas (Free Kick), tim itu akan leluasa untuk melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan. Tim penyerang tidak khawatir diganjal atau dilanggar di daerah pertahanan lawan. Sebab, tim penyerang sudah memiliki pemain yang mahir dalam melakukan  Tendangan bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *