Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 Di Rusia

Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 Di Rusia

Inilah Telstar 18, Bola resmi yang akan dipakai di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dan Federasi Sepakbola Dunia FIFA sudah mengumumkan beberapa waktu lalu, bahwa bola produk dari Adidas ini akan terus menggelinding selama satu bulan di 12 stadion di Rusia.

Bola yang diberi nama lengkap “Adidas Telstar 18” ini, dipresentasikan oleh Lionel Messi di Moskow tanggal 9 November 2017.

Beberapa pemain sepak bola terkenal ikut menghadiri peluncuran bola ini, di antaranya Lionel Messi, Zinedine Zidane, Kaká, Alessandro Del Piero, Xabi Alonso, dan Lukas Podolski.

Adidas Telstar adalah bola sepak yang diproduksi oleh Adidas untuk Piala Dunia FIFA 1970 di Meksiko.

Edisi lain dari bola ini ialah Telstar Durlast atau dengan nama lain Chile Durlast, yang merupakan bola resmi Piala Dunia FIFA 1974 di Jerman Barat. Desain bola ini terinspirasi dari satelit Telstar, satelit komunikasi pertama di dunia.

Pemakaian nama “Telstar” terinspirasi oleh Satelit Telstar, satelit pertama di dunia yang mampu memancarkan siaran televisi. Pola warna bola pada “Telstar” dibedakan yakni hitam dan putih, lantaran siaran televisi dunia pada saat itu hanya mampu memancarkan siaran warna hitam dan putih.

Kehadiran Telstar 18 menjadikan Piala Dunia semakin berwarna. Bola-bola pendahulunya sudah lebih dulu hadir, seperti Tango, Azteca, dan Questra. Ada pula bola Jabulani untuk Piala Dunia di Afrika Selatan 2010, dan bola Brazuca untuk Piala Dunia di Brasil 2014.

Bola Telstar untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, adalah gabungan dari kata Television (Televisi) dan Star (Bintang).

Meskipun Telstar memiliki 32 panel, Telstar 18 memiliki enam panel bertekstur. Tidak dijahit, tapi mulus terpaku bersama.

Baca Juga : Inilah 12 Stadion Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia

Nama Telstar asli berasal dari statusnya sebagai “bintang televisi”. Bola pertama yang didekorasi dengan panel hitam, polanya dirancang untuk menonjol warna hitam dan putih, sebagai lambang bahwa kala itu TV masih berwarna hitam-putih.

Hampir 50 tahun kemudian, Telstar 18 menampilkan penampilan baru, teknologi tinggi dan elemen berkelanjutan seperti kemasan daur ulang.

Ini juga termasuk chip NFC yang disematkan di dalam bola, yang memungkinkan konsumen bisa berinteraksi dengan bola dengan menggunakan smartphone. Suatu kemajuan teknologi dalam pembuatan bola.

“Telstar asli adalah salah satu bola paling ikon sepanjang masa, struktur panel baru pada bola dan penyertaan chip NFC, telah membawa inovasi dan desain sepakbola ke tingkat yang lebih maju ” kata Direktur Kategori Sepak Bola Hardware Adidas Roland Rommler.

Baca : Real Madrid Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia Antar Klub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *