Timnas Indonesia U-16 Juara Turnamen Jenesys 2018

Timnas Indonesia U-16 Juara Turnamen Jenesys 2018

Sepakbola Indonesia berkibar di negara Jepang, setelah Timnas Indonesia U-16 Juara Turnamen Jenesys 2018. Pada babak final, Timnas Indonesia U-16 mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, pada laga yang berlangsung di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3/2018).

Laman resmi PSSI mengabarkan, kemenangan  bagi Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam hasil sebuah gol semata wayang yang dicetak Rendy Juliansyah. Sebiji gol  tim Garuda Asia itu dicetak oleh Rendy dari titik putih penalti.

Hadiah penalti didapat Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain Vietnam di kotak terlarang. Pemain bernomor punggung 10 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan. Dengan percaya diri Rendy menceploskan bola ke gawang lawan pada menit ke-64.

Perjalanan timnas asuhan Fakhri Husaini di turnamen Jenesys ini cukup memuaskan. Pada penyisihan grup, Filipina dihajar 7-1 dan Kamboja 5-0. Sementara di babak semifinal giliran tuan rumah Jepang dikalahkan 1-0.

Piala ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya berhasil meraih juara di turnamen Tien Phong Vietnam tahun 2017. Juara Turnamen Jenesys di Jepang merupakan prestasi pertama di tahun 2018.

Mengenai hasil ini, Fakhri mengatakan semuanya merupakan buah dari usaha kerja keras timnya.

“Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani,” kata Pelatih Timnas Indonesia Fakhri Husaini.

Menurut Fakhri, evaluasi tetap dilakukan karena turnamen ini merupakan target antara menuju Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16. “Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala Asia U16,” kata Fakhri.

Ditambahkan, hasil ini diharapkan bisa mengangkat moral dan motivasi pemainnya. Hasil ini juga menjadi tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia di pembinaan usia muda.

Dalam turnamen ini David Maulana juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik selama gelaran Jenesys 2018.

Baca :  Sriwijaya FC Juara Piala Gubernur Kaltim 2018

Daftar Susunan Awal Pemain Timnas U-16 vs Vietnam

Ernando Ari; Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadillah Nur Rahman (c), M. Yudha Febrian; Komang Teguh, Andre Oktaviansyah, David Maulana; Yadi Mulyadi, Sutan Zico, M. Supriadi

Cadangan: Ahlud Dzikri Fikri, M. Reza Fauzan, Salman Alfarid, Brylian Aldama, Hamsa Lestaluhu, Rendy Juliansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *