Indonesia Kalahkan Laos 3-0

Indonesia Kalahkan Laos 3-0

Indonesia kalahkan Laos skor 3-0, pada fase Grup A Asian Games 2018, yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018)

Dengan kemenangan itu, Indonesia sementara meraih poin 6, setelah sebelumnya mengalahkan Chinese Taipei 4-0 , tapi pada pertandingan berikutnya harus menyerah kepada Palestina 1-2.

Kantor Berita Antara melaporkan, ketika pertandingan baru berjalan dua menit, Indonesia langsung mendapat peluang melalui Stefano Lilipaly, tapi sundulan pemain naturalisasi Belanda itu tepat kearah kiper Laos Paseuth Saymanolinh.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-13, melalui gol Alberto Goncalves. Pemain naturalisasi asal Brazil berhasil memanfaatkan umpan silang dari Saddil Ramdani, yang melakukan serangan dari sisi kanan lapangan.

Pada masa injury time, Alberto yang akrab disapa Beto hampir mencetak gol kedua, tapi tendangannya di dalam kotak penalti masih melenceng dari target, meski kiper kiper Saymanolinh sudah mati langkah.

Beto akhirnya mencetak gol indah ketika pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, yang diawali serangan dari sisi kanan kotak penalti.

Stefano Lilipaly yang sedang menguasai bola di sisi kanan kotak penalti, dengan jeli memberikan umpan kepada Beto lepas dari kawalan pemain belakang lawan dan langsung melancarkan tendangan keras melalui kaki kiri.

Bola pun meluncur deras tidak mampu dihadang kiper Saymonalinh.

Dominasi Indonesia semakin sulit dibendung setelah Ricky Fajrin memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 3-0 pada menit ke-75.

Gol tersebut hasil kerjasama dengan kapten Hansamu Yama yang memberikan umpan tarik ke mulut gawang, membuat kiper Syamonalinh kembali tidak mampu berbuat banyak.

Skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai wasit Zaid Thamer dari Irak meniup peluit panjang pertanda pertandingan berakhir

Secara keseluruhan, Indonesia tampil lebih dominan menghadapi Laos yang belum pernah dari tiga pertandingan sebelumnya.

Pada pertandingan di stadion berkapasitas 30.000 penonton itu, Indonesia unggul dengan penguasaan bola 64 persen.

Baca : Timnas Indonesia U23 Janji Raih Kemenangan Lawan Laos

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, merasa perlu untuk berterima kasih atas dukungan luar biasa dari suporter Indonesia dalam laga kontra Laos. Pelatih asal Spanyol itu pun berharap para suporter merasa senang dengan permainan yang diperlihatkan Hansamu Yama Pranata dkk.

“Saya berterima kasih kepada penonton yang sudah datang ke stadion. Saya berharap mereka semua bisa merasa bahagia dengan kemenangan yang didapatkan tim ini,” ujar Luis Milla seperti dilansir situs PSSI.

“Tim hari ini bermain sangat bagus dan banyak peluang. Saya berharap penonton yang datang bisa menikmati permainan tim kami. Saya pun senang dengan kemenangan ini karena itu memberikan kepercayaan diri kepada para pemain,” tambahnya.

Selain itu, Milla pun tidak ketinggalan untuk memberi ucapan selamat atas peringatan Kemerdekaan Indonesia. Ia pun mengaku sangat menyadari betapa orang-orang di Indonesia sangat gembira ketika hari peringatan kemerdekaan itu datang.

“Saya tahu hari ini adalah Hari Kemerdekaan Indonesia, selamat untuk semua masyarakat Indonesia. Saya sudah 1,5 tahun berada di Indonesia dan menyadari betapa orang-orang di Indonesia mencintai hari kemerdekaannya. Semoga kemenangan ini menjadi kado yang istimewa dan kami akan terus melanjutkan perjuangan di pertandingan selanjutnya,” jelas pelatih berusia 52 tahun itu.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Palestina memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah pada laga terakhirnya bermain imbang 1-1 melawan Hong Kong.

Palestina, negara yang masih belum lepas dari konflik tersebut , mengumpulkan delapan angka dari dua kali menang dan dua kali imbang.

Pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A, tuan rumah Indonesia akan ditantang Hong Kong pada Senin (20/8/2018) mendatang.

Hong Kong untuk sementara bercokol di peringkat kedua klasemen dengan mengumpulkan nilai tujuh, setelah bermain imbang 1-1 dengan Palestina dan tidak pernah kalah dari tiga pertandingan sebelumnya.

Berikut klasemen sementara Grup A setelah pertandingan Jumat (main, menang, imbang, kalah, memasukkan,kemasukan, selisih gol, nilai):

1. Palestina             4      2     2     0     5     3     2     8
2. Hong Kong          3      2     1     0     8     2     6     7
3. Indonesia            3     2     0      1      8     2     6     6
4. Chinese Taipei   3     0     1     2      0     8     -8     1
5. Laos                   3     0      0     3      2     8     -6     0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *