Timnas Indonesia Terapkan Permainan Cepat lawan UEA

Timnas Indonesia Terapkan Permainan Cepat lawan UEA

Timnas Indonesia terapkan permainan cepat lawan UEA (Uni Emirat Arab) pada babak 16 besar Asian Games 2018, yang digelar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Jawa Barat, pada Jumat (24/8/2018).

Bermain cepat dengan umpan-umpan pendek sudah pernah diterapkan Timnas Indonesia U23, saat pasukan Luis Milla ini melakoni babak penyisihan grup ketika lawan Taiwan dan Hongkong.

Strategi bermain cepat dengan umpan-umpan pendek ini sengaja dipilih, karena para pemain UEA memiliki postur tinggi besar. Diyakini UEA akan memgandalkan umpan-umpan panjang.

“Mungkin strategi yang sama akan kami terapkan, yakni umpan pendek dan permainan cepat, karena kami tahu pemain UEA berpostur tinggi layaknya pemain asal Timur Tengah,” kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia U23 Bima Sakti, seperti diwartakan Kantor Berita Antara.

Baca : Timnas Indonesia Mengalahkan Hong Kong 3-1

Menanggapi taktik provokasi ala Timur Tengah, Bima menyatakan Luis Milla memberikan arahan kepada skuad Garuda untuk  mengontrol emosi saat pertandingan.

“Pelatih Milla punya pengalaman melatih di UEA, dia tahu betul karakter pemain negara tersebut, makanya ada instruksi khusus dari pelatih untuk tetap menjaga spirit dan kontrol emosi saat pertandingan,” katanya.

Kemungkinan adanya rotasi di skuad garuda, menurut Bima Sakti untuk sementara masih belum diputuskan, mengingat timnas masih menjalani satu kali lagi sesi latihan sebelum berlaga melawan UEA.

“Kita tunggu pada sesi latihan terakhir, karena masih ada satu kali lagi sesi latihan yang akan dilaksanakan oleh timnas,” tegas mantan gelandang timnas Indonesia itu.

Sementara itu Kapten Timnas Indonesia U23 Hansamu Yama Pranata mengaku optimistis, bahwa skuad Merah Putih bakal mampu meredam tim Uni Emirat Arab ( UEA) pada babak 16 besar Asian Games 2018.

“Harus optimis bisa menang, kami akan berusaha mewujudkannya di pertandingan,” kata Hansamu Yama Pranata.

Menurut pria kelahiran Mojokerto, hal yang paling penting disiapkan oleh para pemain sebelum bertanding adalah mental dan semangat juang.

“Untuk urusan taktik dan strategi kita serahkan sepenuhnya kepada pelatih, sedangkan bagi kita pemain cukup mental yang kuat agar tim Indonesia bisa meraih hasil maksimal,” jelas Hansamu.

Ia menilai, tipikal pemain UEA hampir sama dengan Hong Kong, yakni memiliki postur tubuh yang tinggi dan kemungkinan akan memaksimalkan keunggulan fisiknya saat meladeni timnas yang rata- rata berpostur kecil.

“Kami sudah punya pengalaman saat melawan Hong Kong, dan ternyata kami bisa mengalahkannya, makanya kami optimis bisa melalui babak 16 besar ini” urai Hansamu.

Terkait dengan kemungkinan taktik provokasi yang akan diterapkan oleh pemain UEA, Hansamu mengaku sudah mendapatkan arahan khusus dari pelatih Milla agar tetap fokus pada pertandingan dan sebisa mungkin menghindari keributan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *