Timnas Indonesia U16 Kalahkan Iran 2-0

Timnas Indonesia U16 Kalahkan Iran 2-0

Timnas Indonesia U16 kalahkan Iran 2-0, pada babak penyisihan grup Piala AFC U16 2018, yang berlansung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9/2018).

Dua gol untuk Indonesia, diciptakan saudara kembar Amiruddin Bagus Kaffi dan Amiruddin Bagas Kaffa.

Kantor Berita Antara melaporkan, Gol Amiruddin Bagus Kaffi dilesakkan di menit keempat, sementara gol Amiruddin Bagas Kaffa tercipta di menit ke-90+1.

Adapun dalam pertandingan yang berlangsung sejak pukul 16.30 waktu Kuala Lumpur itu, Indonesia tampil menekan sejak awal laga.

Mengandalkan umpan-umpan pendek dan pergerakan yang cepat, tim berjuluk Garuda Asia tersebut beberapa kali merepotkan pertahanan Iran.

Hasilnya, Indonesia langsung unggul di menit keempat berkat gol Amiruddin Bagus Kaffi dari dalam kotak penalti. Dia berhasil memanfaatkan umpan tarik Mochammad Supriadi dari sayap kiri.

Setelah itu, skuat Garuda Asia beberapa kali mendapatkan peluang seperti dari tendangan Brilian Negietha di menit ke-13 dan Amiruddin Bagus di menit ke-25, tetapi belum menemui sasaran.

Pada menit ke-27 dan 44′, kiper Indonesia Ernando Ari sempat harus berjibaku menepis bola dari tendangan pemain Iran.

Namun, hingga laga memasuki masa jeda tak ada gol lain tercipta.

Di babak kedua, Indonesia juga mengurung Iran sejak awal. Keputusan itu berbuah peluang emas di menit ke-52 kala Bagus berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Iran Amirhossein tetapi bola berhasil ditepis.

Jual beli serangan terjadi setelahnya. Namun beberapa peluang Iran lenyap diamankan lini pertahanan Indonesia yang dikawal Komang Teguh, Mochamad Yudha, Amiruddin Bagas Kaffa dan Fadilah Nur Rahman.

Pada menit ke-82, Garuda Asia sekali lagi memperoleh peluang matang mencetak gol, sayang bola tendangan Amiruddin Bagus ke gawang yang sudah kosong melebar.

Gol kedua Indonesia tiba di menit ke-90+1. Amiruddin Bagas menunjukkan teknik gemilang dengan melewati beberapa pemain lawan dan tiba sendirian di depan gawang Iran. Dia lalu berhasil mengecoh kiper lawan dan mencetak gol.

Tak ada gol lain tercipta usai gol itu. Indonesia unggul 2-0 atas Iran dan berhasil mengamankan tiga poin pertama di Grup C Piala Asia U-16 2018.

Usai bertanding, Pelatih Timnas Indonesia U16 Fakhri Husaini mengatakan, bahwa pertandingan lawan Iran adalah pertandingan yang ketat.

“Ini pertandingan yang ketat, Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan. Kami juga sudah bisa memainkan tempo permainan dengan baik. Pemain pun bermain dengan baik. Transisi berjalan dengan bagus. Saya bangga dengan permainan dan kerja keras anak-anak hari ini,”kata Fakhri Husaini seperti dilansir situs resmi PSSI.

Kemenangan ini menurutnya sangat berarti bagi timnya, karena baginya laga pertama itu akan selalu terasa sulit.

“Selain itu juga, saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para suporter yang hadir di pertandingan hari ini. Ini juga jawaban dari doa-doa pihak lain yang diijabah oleh Allah SWT. Dukungan dan doa mereka membuat kemenangan ini menjadi terwujud. Kehadiran suporter sangat berarti bagi kami,” ucapnya.

Kemenangan ini membawa Indonesia ke puncak klasemen grup C untuk sementara dengan raihan tiga poin. Selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Vietnam, Senin (24/9) di tempat yang sama.

Susunan pemain kedua tim:
Timnas U-16 Indonesia: Ernando Ari (kiper), Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (kapten), Amanar Abdillah (78′, Sutan Zico), Andre Oktaviansyah, Mochammad Supriadi (78′, Muhammad Salman), Brylian Negietha (90+4′, Talaouhu), Amiruddin Bagus.

Timnas U-16 Iran: Amirhossein Nikpour (kiper), Amirhossein Azizi, Mohammad Amin, Pouria Teymori, Amir Shabani, Alireza Bavieh (kapten, 63′, Amirreza Eslamtalab), MohammadReza Shakibkhoo, Mahdi Seyedi (42′, Hossein Hajizadehkhorasani), Yasin Salmani, Amir Jafari, Abolfazl Alizadeh (78′, Hossein Shaverdi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *